Beranda Headline Catat Ini 8 Tips Mudah Menciptakan Tidur Berkualitas

Catat Ini 8 Tips Mudah Menciptakan Tidur Berkualitas

39
Seorang perempuan sedang tidur (Foto: Pixabay)

Beritapasundan.com-Tidur berkualitas adalah kunci untuk menjaga kesehatan. Baiknya kualitas tidur, akan berdampak positif bagi rutinitas sehari-hari.

Menjaga kualitas tidur, bisa membuat kinerja anda optimal sepanjang hari. Begitupun sebaliknya, kurang tidur dapat memicu performa hidup yang kurang memuaskan.

Bagaimanapun, tidur adalah suatu kebutuhan pokok yang diperlukan oleh setiap makhluk hidup termasuk manusia.

Jika anda sering mengalami kesulitan tidur dan ingin meningkatkan kualitas istirahat anda, simak 8 tips berikut ya.

Baca juga: Cinta Ditolak? Yuk, Simak Tipsnya Agar Tetap Tegar, Cocok Buat Gen Z

1. Jadwalkan Rutinitas Tidur yang Konsisten

Menjaga jadwal tidur yang tetap membantu tubuh dalam mengatur ritme sirkadiannya. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk membantu tubuh beradaptasi.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Pastikan kamar tidur anda menjadi tempat ternyaman untuk istirahat. Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang, matikan lampu yang terang dan bersihkan tempat tidur serapih mungkin.

Baca juga: 5 Manfaat Mandi Air Es untuk Kesehatan

3. Hindari Paparan Cahaya Biru sebelum Tidur

Cahaya biru dari layar handphone dapat mengganggu produksi hormon tidur. Jadi, kurangilah penggunaan ponsel, tablet atau komputer minimal 1 jam sebelum hendak tidur.

4. Lakukan Relaksasi sebelum Tidur

Untuk menambah kondisi tubuh semakin nyaman, anda bisa coba tips relaksasi sebelum tidur. Lakukan teknik relaksasi apapun seperti meditasi, pernafasan dalam atau yoga. Hal tersebut dapat membantu anda menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur.

5. Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat mempengaruhi pola tidur lho. Batasi konsumsi kafein dan alkohol beberapa jam sebelum tidur. Pastikan tubuh anda siap bersantai dengan menghindari konsumsi kafein dan alkohol.

Baca juga: Kenali 6 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengontrol Tekanan Darah

6. Perhatikan Pola Makan

Hindari makan berat terlalu banyak sebelum tidur, karena hal tersebut bisa mengganggu kualitas tidur anda. Pilih camilan ringan yang bisa membantu meningkatkan produksi serotonin dan melatonin.

7. Manfaat Latihan Fisik Teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu mengatur siklus tidur anda lho. Namun, hindari latihan fisik yang terlalu intensif menjelang waktu tidur.

8. Tetap Tenang di Malam Hari

Jangan biarkan kekhawatiran mengganggu tidur anda. Catat hal-hal yang membebani pikiran anda di atas kertas sebelum tidur, hal tersebut bisa mengurangi tingkat kecemasan.

Intinya, untuk menambah kualitas tidur diperlukan perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari. Dengan konsistensi menjadi pola hidup sehat, dan menjaga kenyamanan tubuh serta lingkungan dapat meningkatkan kualitas tidur anda di malam hari.