Beranda Headline BPN Karawang Targetkan Dua Bulan Selesaikan Program PTSL 2018 dan 2019

BPN Karawang Targetkan Dua Bulan Selesaikan Program PTSL 2018 dan 2019

KARAWANG, BEPAS- Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Karawang sudah seratus persen menyelesaikan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) untuk Tahun anggaran 2020. Dan untuk tahun 2018 dan 2019 BPN berkomitmen bakal menuntaskan dua bulan kedepan.

“Tahun 2020 sudah selesai semua, namun baru sebagian sudah diserahkan. Dan sisanya produk PTSL 22850 penyerahan secara virtual akan diserahkan akhir September oleh Presiden Jokowi atau Menteri ATR/BPN,” ujar Kepala BPN/ATR Karawang, Fitriyani Hasibuan kepada Tvberita.co.id di kantornya, Senin(21/09/2020).

Dikatakan Fitriyani, untuk tunggakan yang belum selesai dari tahun 2018 dan 2019, BPN sudah diinvetarisir sekitar 15000 dan membuat pemantauan ketat dengan memetakan di desa mana dan apa masalahnya. Adapun faktor tunggakan disebabkan berkas yang kurang lengkap, pergantian kades serta pergantian pejabat BPN.

“Setiap minggu kita pantau progresnya, kami monev setiap hari dan carikan solusinya. Kami targetkan dua bulan ini semua dapat diselesaikan tunggakan PTSL,” paparnya.

Menurut Fitriyani, program PTSL sendiri bagian dari upaya pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Sebab, kepemilikan tanah dengan kepastian hukum akan meningkatkan nilai tanah yang ada di masyarakat. Kendati BPN meminta agar semua pihak mendukung program PTSL, terutama kepala desa serta para perangkat desa yang lain.

“Jadi kami imbau para kades yang warganya belum selesai agar berkoordinasi dengan BPN Karawang. Karena kami perlu bantuan pihak desa untuk mempercepat penyelesaian ini,” pungkasnya.(ris)