Beranda Ekonomi & Bisnis Berkat Aplikasi Info Loker, Pengangguran di Karawang Menurun Signifikan

Berkat Aplikasi Info Loker, Pengangguran di Karawang Menurun Signifikan

26
Antrian Pencari Kerja (Foto: Kompas)

KARAWANG – Angka pengangguran di Karawang menurun secara signifikan, dari 9,87 persen menjadi 8,95 persen di 2023. Disnakertrans Karawang komitmen terus perangi calo tenaga kerja.

Kepada Disnakertrans Karawang, Rosmalia menyampaikan, indikasi keberhasilannya bisa dilihat juga dari penggunaan aplikasi info loker Karawang yang semakin masif.

Di samping itu, cerdasnya para pencari kerja dalam mengakses aplikasi tersebut menjadi salah satu kunci keberhasilan Disnakertrans dalam menekan angka pengangguran di Karawang.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling Karawang Bulan Maret 2024

Ia mengatakan, meskipun sistem aplikasi tersebut masih terdapat plus minus, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan serapan kerja serta menyempitkan ruang gerak para calo.

Kepada masyarakat Rosmalia menuturkan, apabila ingin mengkritisi sistem aplikasi info loker untuk tujuan mendorong menjadi lebih baik, pihaknya akan sangat welcome dan berterimakasih.

“Disnakertrans Karawang sangat terbuka untuk diskusi. Tapi jika ingin mencari celah dan berusaha merubah sistem yang sudah baik ini, kami tidak akan segan melawan,” ujarnya saat diwawancarai pada Minggu, 3 Maret 2024.

Menurutnya, management rekrutmen tenaga kerja yang semakin baik, akan berdampak juga pada semakin sempitnya ruang gerak calo tenaga kerja dalam mencari sasaran.

Baca juga: Makin Bergoyang! Produsen Listrik Global Bakal Bangun Pabrik di Karawang

Ia juga menekankan, edukasi, sosialisasi berkala hingga proses rekrutmen yang disediakan oleh Disnakertrans Karawang tidak dipungut biaya sama sekali.

“Ketika sistem kami sudah baik, tenaga kerjanya sudah teredukasi, ruang gerak calo tenaga kerja semakin sempit. Tapi tekanan datang terus kepada kami, dengan tujuan ingin mengembalikan sistem rekrutmen menjadi konvensional seperti dulu lagi,” tuturnya.

“Tapi masyarakat sudah cerdas, mereka tau dan mengerti harus bagaimana sekarang. Jadi jika ada pihak yang berusaha main-main dengan sistem itu, kami tidak akan takut. Biarkan masyarakat yang menilai,” tegasnya.

Baca juga: Diguyur APBD 8,5 Miliar, Dinas PUPR Karawang Bakal Bangun Jembatan Ciselang

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Soni Luthfi Rahman menambahkan, sistem info loker Karawang hanya bisa diakses oleh KTP Karawang. Hal ini ditujukan agar para calo tidak bisa menyelundupkan pelamar kerja dari luar Karawang.

Meskipun begitu, kata dia, saat ini masih banyak calo-calo yang beroperasi dan menurutnya keberadaan calo cukup merugikan dan memeras masyarakat.

“Saat ini kami berkolaborasi dengan semua pihak untuk memerangi calo. Pak Bupati sudah tegas, jadi harus kita pertahankan apa yang baik dan tingkatkan lagi yang masih kurang,” pungkasnya.