Beranda Kesehatan Berita Baik untuk Pasien Jantung, Kini RSUD Karawang Miliki Cath Lab

Berita Baik untuk Pasien Jantung, Kini RSUD Karawang Miliki Cath Lab

81
RSUD Karawang Miliki Cath lab untuk pengobatan penyakit jantung (Foto: Istimewa)

KARAWANG – RSUD Karawang kini miliki Cath Lab tercanggih untuk pengobatan penyakit jantung. Kabar baiknya, layanan Cath Lab juga bisa diklaim lewat BPJS Kesehatan.

“RSUD Karawang menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Menteri Kesehatan atas pemberian alat Cath Lab tercanggih dan terbaru saat ini. Insha Allah membantu pelayanan masyarakat Jawa Barat, dan tentu khususnya warga Karawang,” ujar dr. Fitra Hergyana SpKK, Plt Direktur Utama RSUD Karawang, Rabu (28/12).

Fitra mengatakan, penggunaan alat Cath Lab bisa menggunakan layanan BPJS kesehatan. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir soal biaya.

Hadirnya pelayanan Cath Lab menjadikan RSUD Karawang sebagai salah satu RS pusat rujukan jantung di Jawa Barat (Jabar).

Baca juga: RSUD Karawang Sabet Juara 3 di Ajang Persi Awards

“Dengan adanya alat Cath Lab ini, RSUD Karawang menjadi rujukan rumah sakit di Jawa Barat. Sebelumnya baru rujukan regional Purwasukasi (Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi).” ujar Fitra.

Ia juga menambahkan, kini RSUD Karawang Miliki Cath lab dan dalam waktu dekat juga akan memiliki Cardiac Center untuk pelayanan jantung.

Karawang Cardiac Center merupakan inovasi pelayanan jantung terpadu di RSUD Karawang. Dengan pelayanan jantung terpadu one stop center sampai dengan pelayanan Cath Lab.

Baca juga: DPPKB – RSUD Karawang Gelar Pelatihan Pemasangan Implan dan IUD

“RSUD sudah punya empat dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Semuanya adalah spesialis jantung terbaik lulusan dalam dan luar negeri,” tandasnya

Fungsi Layanan Cath Lab

Cath Lab atau kateterisasi jantung adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung & angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan intervensi non bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.
Tindakan Cath Lab antara lain :

  1. Diagnostic Coronary Angiography (DCA) adalah proses diagnostic penyakit jantung koroner.
  2. Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA) Stent adalah prosedur non-bedah dengan invasi minimal yang digunakan untuk membuka pembuluh darah yang menyempit.
  3. Temporary Pace Maker (TPM) adalah Pemasangan pacu jantung yang bersifat sementara pada pasien dengan irama jantung lambat.
  4. Percutaneous Transvenous Mitral Commisurotomy (PTMC/ BMV/ ASO/ AMVO/ LAA Closure) adalah tindakan untuk memperbaiki kelainan pada katup mitral.
  5. Kateterisasi Jantung