Beranda News Bentuk UPZ, Baznas Depok Gandeng Disdik

Bentuk UPZ, Baznas Depok Gandeng Disdik

27

BEPAS, DEPOK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) untuk meningkatkan perolehan dana zakat. Caranya dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kota Depok.

“Keberadaan UPZ di masing-masing satuan pendidikan sebagai payung hukum, agar tidak dianggap sebagai pungutan liar,” kata Ketua Baznas Depok, Encep Hidayat di Balai Kota, Senin (09/09/2019).

Dikatakannya, saat ini baru ada beberapa UPZ yang terbentuk di sejumlah sekolah, seperti di SMP Negeri 23 Kota Depok. Namun demikian, diakuinya, keberadaan UPZ tersebut belum bekerja secara maksimal.

“Kami melihat potensi zakat di sekolah ini cukup signifikan. Berkisar Rp 300 juta, dengan asumsi rata-rata per orangnya Rp 150 ribu. Tetapi hasilnya bisa lebih dari itu, karena pendapatan setiap orang berbeda,” terangnya.

Karena itu, lanjutnya, salah satu upaya yang dilakukan Baznas Depok guna meningkatkan jumlah UPZ di sekolah yaitu dengan memberikan sosialisasi. Contohnya saat pembagian apresiasi penghargaan kepada puluhan siswa dan tenaga pendidik di Balai Kota, awal September kemarin.

“Mudah-mudahan pada 11 September nanti, kita bisa merilis UPZ yang sudah dibentuk di sekolah,” tutupnya. (hms)