Beranda Headline Bawaslu Karawang Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa Pemilu dengan Parpol

Bawaslu Karawang Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa Pemilu dengan Parpol

65
Bawaslu Karawang sosialiasikan penyelesaian sengketa pemilu kepada perwakilan parpol di Hotel Novotel Karawang (Foto: Didi Suheri)

KARAWANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang rapat koordinasi dan fasilitasi penyelesaian sengketa proses pemilu 2024 di Hotel Novotel Karawang Barat.

Dalam rapat tersebut turut dihadiri oleh perwakilan masing-masing partai politik sebagai peserta dan KPU serta akademisi UNSIKA sebagai narasumber.

Divisi Pengawasan Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya mengungkapkan rapat dan sosialisasi penyelesaian sengketa pemilu penting dilakukan untuk meminimalisir terjadi konflik.

Baca juga: Bawaslu Karawang Ingatkan Parpol Tak Gunakan Isu Identitas di Pemilu 2024

“Tentu ini sebagai upaya pencegahan dari Bawaslu Karawang, dan memang perlu disosialisasikan sedini mungkin untuk mencegah terjadinya sengketa atau konflik,” kata Suryana kepada wartawan, Selasa (8/11/2022)

Suryana juga menjelaskan dalam setiap momen Pemilu, yang paling banyak terjadi pelanggaran yaitu saat pemasangan alat peraga kampanye.

“Kalau terkait pelanggaran banyak terjadi saat pemasangan alat peraga kampanye (APK), bisa terjadi karena misal di rusak oleh oknum, atau melakukan kampanye dengan memasang APK, bukan pada jadwal yang telah di tetapkan penyelenggara Pemilu,” jelasnya.

Baca juga: Anies Baswedan Capres NasDem di Pilpres 2024 Resmi Diumumkan Surya Paloh

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan terkait beberapa sengketa yang perlu di ketahui oleh partai politik dan cara penyelesaiannya.

“Sengketa Pemilu itu ada sengketa proses, itu terjadi biasanya antara peserta pemilu, atau peserta pemilu dengan penyelenggara, ada juga sengketa hasil, nah ini sengketa hasil biasanya diselesaikan di Mahkamah Konstitusi,” ujarnya lagi.

Ia juga berharap Pemilu 2024 mendatang bisa berjalan dengan lancar, damai dan kondusif.

“Kalau diduga ada pelenggaran bisa lapor ke Bawaslu baik secara langsung maupun online, semoga Pemilu 2024 bisa berjalan damai dan kondusif,” pungkasnya.

Artikulli paraprakBantuan STB Pemerintah Tak Kunjung Datang, Warga Karawang Meradang
Artikulli tjetërPemkab Karawang Belum Putuskan Besaran Kenaikan UMK Tahun 2023