Beranda Headline Banjir Rob Kembali Terjadi, 653 Warga Karawang Terdampak Kerugian

Banjir Rob Kembali Terjadi, 653 Warga Karawang Terdampak Kerugian

10
Banjir rob
Banjir rob kembali terjadi di Desa Cemarajaya (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Banjir rob kembali terjadi di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Sebanyak 653 warga yang belum direlokasi masih terdampak kerugian.

Camat Cibuaya, Sumantri menyampaikan, banjir rob ini kembali terjadi pada Jum’at, (6/7) dan Sabtu, (6/7) kemarin. Air yang masuk ke rumah warga, tingginya 50 cm hingga 1 meter.

“Dua hari kemarin gelombang tinggi kembali menerjang pantai di Cemarajaya,” ujarnya saat diwawancarai pada Senin, 8 Juli 2024.

Baca juga: Makom Raden Anom Resmi Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya Karawang

Ia mengatakan, pihaknya langsung melaporkan kejadian pada Sabtu, (6/7) pagi dan mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

Sebab, lanjut dia, sekitar 653 warga dari 4 dusun masih terdampak. Empat Dusun tersebut antara lain; Dusun Cemara Utara, Dusun Cemara Selatan, Dusun Pisangan, dan Dusun Mekarjaya.

“Air tertinggi terjadi di Dusun Pisangan,” katanya.

Sumantri menerangkan, karena ini telah menjadi siklus tahunan, ia bersama warga tetap siap siaga dan bergotong royong hingga semuanya berhasil direlokasi.

Baca juga: Bawaslu Karawang Ajak Awak Media Turut Awasi Pilkada 2024

“Karung di pasang di rumah masing-masing, kami tetap waspada dan membuat tanggul di rumah ataupun di aliran yang dekat dengan laut. Kita bersama-sama gotong royong juga untuk membersihkan material yang masuk,” terangnya.

“Jaraknya jauh dari rumah warga yang direlokasi. Sementara hari ini juga masih dalam proses diskusi untuk pengambilan langkah antisipasi kedepan,” tutupnya. (*)