Beranda News Bakesbangpol dan Saber Pungli Karawang Akan Bentuk Timsus Atasi Calo Tenaga Kerja

Bakesbangpol dan Saber Pungli Karawang Akan Bentuk Timsus Atasi Calo Tenaga Kerja

8
Kepala Bakesbangpol Karawang, H. Sujana (Foto: Ist)

KARAWANG- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Karawang berencana akan membuat Tim Khusus atasi pengaduan Calo Tenaga Kerja.

Kepala Kesbangpol Karawang, Sujana mengatakan bahwa tahun ini akan membuat tim khusus untuk mengatasi calo tenaga kerja di karawang.

“Tahun ini kita akan buat tim khusus dari saber pungli untuk mengatasi ramainya pencaloan tenaga kerja di karawang,” terangnya.

Dengan membuat tim khusus tersebut, kata dia diharapkan dapat mampu mengurangi maraknya pencaloan tenaga kerja di karawang.

Baca juga: Cerita Bupati Aep Tunaikan Nazar untuk Renovasi Masjid Pakai Uang Pribadi

“Karena banyaknya pengaduan baik berupa pungutan liar kita juga banyak menerima pengaduan soal oknum pencaloan tenaga kerja,” ungkapnya.

Menurutnya, permasalah calo tenaga kerja di karawang masih meraja rela karena angka jumlah pengangguran di karawang masih tinggi. Sehingga mudah bagi masyarakat yang diming-imingi masuk kerja harus dengan mengeluarkan imbalan.

“Meskipun pemerintah daerah sudah menerapkan satu pintu di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) namun tetap masih banyak oknum yang mengambil keuntungan atau calo yang berkeliaran,” terangnya.

Baca juga: Bupati Aep Pimpin Rakor Percepatan Pembangunan Daerah

Berdasarkan dari pengaduan korban, mereka banyak dijanjikan kemudahan dalam mencari kerja tanpa harus melalui aplikasi infoloker karawang.

“Nah, oknum-oknum yang seperti ini akan kita pokuskan di tim khusus nanti, karena selain merugikan masalah calo ini bisa masuk pidana hukum penipuan,” pungkasnya. (Yan)